Khotbah pada Minggu 1 Adven disampaikan di GKI Halimun Jakarta, Minggu, 3 Desember 2023 dari bacaan Alkitab: Yesaya 64:1-9; Mazmur 80:1-7, 17-19; 1 Korintus 1:3-9; Markus 13:24-37 Adven atau lengkapnya Adventus adalah bahasa latin. Artinya kedatangan. Kita merayakan adven, kedatangan. Kedatangan Tuhan Yesus kembali pada akhir zaman. Nanti akan tiba saatnya, Tuhan Yesus akan memeriksa keseriusan hidup kita yang sudah diselamatkan dari cengkeraman kuasa dosa. Tuhan Yesus akan memimpin dunia ini dengan menghadirkan Langit yang baru dan Bumi yang baru . Yerusalem baru . Dunia di mana kuasa-kuasa dunia yang jahat, yang dilambangkan seperti benda-benda langit akan kalah dengan kuasa kebaikan Kristus. Maka pesan penting dari minggu-minggu adven adalah, kalau diungkapkan dengan pertanyaan untuk diri sendiri:“ "Apakah aku serius dengan imanku?”" Apakah aku serius ikut Tuhan Yesus?” “Apakah hidupku mau dibuat menjadi baru karena kuasa Roh Kudus sesuai kehendak kas...
Dulu sewaktu saya kecil, permainan hanya sebatas gundu, gambaran, petak umpet, dampar (menggunakan batu), gatrik (menggunakan buluh). Kini game online rasanya lebih menantang ketimbang permainan-permainan tradisional itu. Entah berapa banyak anak-anak telah terjun ke dalam dunia game online ini, tetapi jika tidak hati-hati, dampak negatifnya tidak sedikit.
Di dunia maya unsur sosialisasi terjadi secara maya. Ekspresi gembira diganti dengan icon. Hampir tidak ada keringat di sini. Yang ada (biasanya) adalah adu strategi dalam durasi waktu yang terbilang tidak sedikit. Sebagaimana halnya permainan menimbulkan semangat untuk menjadi pemenang dalam nuansa rasa penasaran yang tinggi, tak jarang permainan tidak lagi menjadi "permainan", melainkan menjadi candu. Tidak lagi rekreatif tetapi menjadi adiktif.
Sepertinya dibutuhkan tindakan kedisiplinan untuk menjaga dampak negatif dari game online ini. Setidaknya ada dua sifat, yaitu prefentif dan edukatif. Preventif dilakukan dengan cara:
Di dunia maya unsur sosialisasi terjadi secara maya. Ekspresi gembira diganti dengan icon. Hampir tidak ada keringat di sini. Yang ada (biasanya) adalah adu strategi dalam durasi waktu yang terbilang tidak sedikit. Sebagaimana halnya permainan menimbulkan semangat untuk menjadi pemenang dalam nuansa rasa penasaran yang tinggi, tak jarang permainan tidak lagi menjadi "permainan", melainkan menjadi candu. Tidak lagi rekreatif tetapi menjadi adiktif.
Sepertinya dibutuhkan tindakan kedisiplinan untuk menjaga dampak negatif dari game online ini. Setidaknya ada dua sifat, yaitu prefentif dan edukatif. Preventif dilakukan dengan cara:
- Para orang tua dapat menambahkan plug in program untuk membatasi anak-anak mereka on-line internet.
- Para pengusaha warnet perlu memilki ekstra nurani dan tidak gila profit dengan membatasi durasi on-line mereka, terlebih lagi pada jam sekolah (harus ada tindakan banning!).
- Memberikan pendidikan pemanfaatan internet secara positif menyeluruh di sekolah
- Pendidikan manajemen waktu
Komentar
Posting Komentar